PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN DINDING DAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI
Daftar Isi:
- Penelitian ini ingin mengetahui berbedaan pengaruh antara latihan passing dengan dinding dengan latihan passing berpasangan terhadap kemampuan passing bawah dalam cabang olahraga bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah nggota Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Voli Universitas Pendidikan Indonesia tingkat pemula dengan jumlah mahasiswa yang bergabung aktif sebanyak 16 orang, sampel yang digunakan adalah mahasiswa UKM berjumlah 16 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Nscu battery volleyball test. Pengujian hipotesis menggunakan pendekatan statistik uji kesamaan dua rata-rata. Hasil dapat disimpulkan bahwa Latihan Passing Berpasangan Dan Latihan passing Dengan dinding berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing bawah, namun Latihan Passing Berpasangan lebih berpengaruh dibandingkan dengan Latihan Passing Dengan Dinding terhadap peningkatan kemampuan passing bawah. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa nilai tabel distribusi t (10,52) > =(2,14) pada Latihan Passing Berpasangan dan nilai distribusi t (4,74) > =(2,14) pada Latihan Passing Dengan Dinding;---This research would like to figure out the effect difference between passing Wall-based Practice and Paired Passing Practice to the ability of doing lower passing in volleyball sports. The research method used was through experiment. The population in this research is the rookie members of Universitas Pendidikan Indonesia Volleyball Student Activity Unit with the number of active students are 16, the sample used are the 16 students, with total sampling technique. The research instrument is the Nscu Battery Volleyball Test. Hypothesis testing by two averages similiarity test statistic approach. The results concludes that the Paired Passing Practice and Wall-based Practice had significant effevt towards the ability of performing lower pass, yet Paired Passing Practice had more impact compared to Wall-based practice in improving the lower passing skills. It is based on hypothesis test which stated that the value of distribution table t (10,52) >= (2,14) on paired passing exercises and distribution value t (4,74) > = (2,14) on a passing exercise with a wall.