ctrlnum 30041
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/30041/</relation><title>PENGALAMAN ESTETIKA RELASI SAINS DAN SENI PADA KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PJBL DI KELAS IV SD</title><creator>rochmah, ristiana</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Pengalaman belajar bertujuan agar siswa dapat memperkaya makna dan meningkatkan kemampuan siswa yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika. Menjadi penting saat peneliti merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya, karena selama ini guru hanya terfokus pada aspek kognitif siswa dan guru juga mengajarkan Sains dan Seni secara tak seirama, padahal sejatinya jika berbicara mengenai belajar bukan hanya tentang pikiran, tapi juga berbicara mengenai perasaan, dan lika-liku proses pembelajaran, barulah ekspresi pengalaman estetika positif akan muncul. Peneliti menggunakan model PjBL pada proses pembelajaran Gaya dengan plastisin warna-warni. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar peneliti melakukan observasi partisipan dan dokumentasi saat proses pembelajaran, kemudian dianalisis dengan PEA. Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi Sains dan Seni pada pembelajaran gaya dapat tergambar dengan jelas saat pembelajaran melihat siswa secara utuh baik pikiran, perasaan, dan lika-liku dalam proses pembelajaran. Kepuasan mereka atas karya seni yang mereka buat dengan Gaya ini berkaitan dengan keasliannya, saat siswa membuat karya dengan tangan kecil mereka yang ternyata memiliki nilai Seni. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, ekspresi pengalaman estetika positif siswa muncul saat mereka merasa senang, semangat, dan saat mereka berusaha untuk meyelesaikan karyanya. Pengalaman estetika yang merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya yang menggunakan model PjBL dapat menggambarkan ekspresi pengalaman estetika postif siswa karena peran Encounter.</description><date>2017-06-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/1/01_S_KDSERANG_1306404_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/2/03_S_KDSERANG_1306404_Table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/3/02_S_KDSERANG_1306404_Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/4/04_S_KDSERANG_1306404_Chapter1..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/5/05_S_KDSERANG_1306404_Chapter2..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/6/06_S_KDSERANG_1306404_Chapter3..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/7/07_S_KDSERANG_1306404_Chapter4..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/8/08_S_KDSERANG_1306404_Chapter5..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/9/09_S_KDSERANG_1306404_Bibliography..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/30041/10/10_S_KDSERANG_1306404_Appendix.pdf</identifier><identifier> rochmah, ristiana (2017) PENGALAMAN ESTETIKA RELASI SAINS DAN SENI PADA KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PJBL DI KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>30041</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author rochmah, ristiana
title PENGALAMAN ESTETIKA RELASI SAINS DAN SENI PADA KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PJBL DI KELAS IV SD
publishDate 2017
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.upi.edu/30041/1/01_S_KDSERANG_1306404_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30041/2/03_S_KDSERANG_1306404_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30041/3/02_S_KDSERANG_1306404_Abstrak.pdf
http://repository.upi.edu/30041/4/04_S_KDSERANG_1306404_Chapter1..pdf
http://repository.upi.edu/30041/5/05_S_KDSERANG_1306404_Chapter2..pdf
http://repository.upi.edu/30041/6/06_S_KDSERANG_1306404_Chapter3..pdf
http://repository.upi.edu/30041/7/07_S_KDSERANG_1306404_Chapter4..pdf
http://repository.upi.edu/30041/8/08_S_KDSERANG_1306404_Chapter5..pdf
http://repository.upi.edu/30041/9/09_S_KDSERANG_1306404_Bibliography..pdf
http://repository.upi.edu/30041/10/10_S_KDSERANG_1306404_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/30041/
contents Pengalaman belajar bertujuan agar siswa dapat memperkaya makna dan meningkatkan kemampuan siswa yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika. Menjadi penting saat peneliti merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya, karena selama ini guru hanya terfokus pada aspek kognitif siswa dan guru juga mengajarkan Sains dan Seni secara tak seirama, padahal sejatinya jika berbicara mengenai belajar bukan hanya tentang pikiran, tapi juga berbicara mengenai perasaan, dan lika-liku proses pembelajaran, barulah ekspresi pengalaman estetika positif akan muncul. Peneliti menggunakan model PjBL pada proses pembelajaran Gaya dengan plastisin warna-warni. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar peneliti melakukan observasi partisipan dan dokumentasi saat proses pembelajaran, kemudian dianalisis dengan PEA. Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi Sains dan Seni pada pembelajaran gaya dapat tergambar dengan jelas saat pembelajaran melihat siswa secara utuh baik pikiran, perasaan, dan lika-liku dalam proses pembelajaran. Kepuasan mereka atas karya seni yang mereka buat dengan Gaya ini berkaitan dengan keasliannya, saat siswa membuat karya dengan tangan kecil mereka yang ternyata memiliki nilai Seni. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, ekspresi pengalaman estetika positif siswa muncul saat mereka merasa senang, semangat, dan saat mereka berusaha untuk meyelesaikan karyanya. Pengalaman estetika yang merelasikan Sains dan Seni pada pembelajaran Gaya yang menggunakan model PjBL dapat menggambarkan ekspresi pengalaman estetika postif siswa karena peran Encounter.
id IOS14013.30041
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:34:23Z
last_indexed 2020-06-22T08:34:23Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980711667367936
score 17.538404