Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa kelas IV SDN Sukaratu 5 yang masih rendah dalam keterampilan menulis karangan narasi. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimankah penerapan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi?, 2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar seri?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui, menganalisa, dan mendeskripsikan: penerapan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi, peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Sukaratu 5 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Sukaratu 5 berjumlah 20 orang siswa. Jika dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada saat siklus I sebesar 45% dari sebelumnya pada prasiklus hanya 25% kemudian kembali mengalami peningkatan sebesar 95% pada saat siklus II. Adapun rerata nilai keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri pada prasiklus mencapai 62,75 kemudian meningkata pada siklus I sebesar 68 dan mengalami peningkatan kembali sebesar 84 pada siklus II. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa, siswa kelas IV SDN Sukaratu 5 sudah mampu menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri dengan tuntas, serta dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sebesar 65. Sehingga dengan diterapkannya media gambar seri dalam keterampilan menulis karangan narasi dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan perolehan hasil menulis karangan siswa meningkat.