PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR SISWA TUNAGRAHITA SEDANG: Studi Eksperimen Siswa SMPLB-C1 di SLBN-A Citeureup Cimahi
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif terhadap peningkatan keterampilan gerak lokomotor siswa tunagrahita sedang di SLBN-A Citeureup Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan bermain. Desain dalam penelitian ini menggunakan the-one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPLB tunagrahita yang termasuk kedalam kelompok sedang (C1) sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test gross motor development-second edition (TGMD-2). Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 3.463 > ttabel 1.795. Kesimpulannya adalah pendekatan bermain dalam pembelajaran penjas adaptif memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan gerak lokomotor siswa tunagrahita sedang di SLBN-A Citeureup Cimahi. ;--- The purpose of this research is to know the effect of playing approach in adaptive physical learning towards enhancing locomotor movement skill of moderate mental disability students in SLBN-A Citeureup Cimahi. The method used in this research is experimental method with playing approach. The design used in this research is the one group pretest-posttest design. The population in this research is every mentally disabled student of SMPLB who belongs to moderate group (C1), which are 20 people. The sampling technique which is used is saturation sampling technique. Instrument used in this research is test gross motor development-2 (TGMD-2). Data processing and hypothesis test produces the value of tcount 3.463 > ttable 1.795. The conclusion is playing approach in physical adaptive learning gives impact toward enhancing locomotor movement skill of moderate mental disability students in SLBN-A Citeureup Cimahi.