PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X DI SMK NEGERI 3 BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Bandung. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai prestasi belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu manajemen kelas. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa.Penelitian ini terdiri dua Variabel yaitu Manajemen Kelas (X) dan Prestasi Belajar Siswa (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dalam bentuk explanatory survey. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket dengan model skala likert, yang dianalisis menggunakan regresi sederhana. Dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 69 orang. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa (1) manajemen kelas di SMK Negeri 3 Bandung termasuk kategori cukup efektif, (2) prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Bandung termasuk kategori rendah. Artinya, sekolah harus meningkatkan manajemen kelas agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik, (3) manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran Kelas X di SMK Negeri 3 Bandung.Hal tersebut sebaiknya perlu dipertahankan dan diupayakan terus peningkatannya. Adapun cara yang dapat ditempuh SMK Negeri 3 Bandung adalah dengan memberikan pelatihan ataupun penilaian secara berkala terhadap guru – guru yang bersangkutan.