PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas V di SDN Gunungsari 1 dan SDN Ranjikulon 1, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka)
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang rendah menjadi latar belakang dilakukan penelitian. Pendekatan open-ended menjadi salahsatu alternatif pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok prates-pascates. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V SDN Gunungsari I sebagai kelas eksperimen dan Kelas Vb SDN Ranjikulon I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu: (1) pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar; (2) pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, tapi sebaliknya pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended tidak lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; (3) ada hubungan positif antara kemampuan memecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa; dan (4) faktor pendukung pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended adalah kemampuan guru dalam menyajikan masalah terbuka, LKS yang digunakan menyajikan masalah terbuka dapat melibatkan semua tahapan pendekatan open-ended, tahapan pembelajaran yang menggunakan pendekatan open-ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, kinerja guru dan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan optimal. Sementara faktor penghambatnya adalah siswa tidak terbiasa memecahkan masalah terbuka. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa.