Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TGB 1 SMK PU Negeri Bandung dalam pembelajaran gambar kostruksi bangunan 2 dengan model pembelajaran tutor sebaya. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas XI TGB I SMK PU Negeri Bandung pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan 2. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,70 yang mencapai ketuntasan 55%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,02 yang mencapai ketuntasan 86%. Begitu pula dengan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,40 sedangkan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan memperoleh skor rata-rata 2,80. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan 2, selain itu model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Gambar Konstruksi, Pendidikan Menengah, Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar The purpose of this research is to increase student learning outcomes at Eleventh Grade TGB 1 of SMKN PU Bandung in learning Building Construction 2 trought Peer Tutoring Learning. The background of the research is lower a result of Student’s learning outcomes in the lesson Building construction 2. This research uses Classroom Action Research method that have been done in cycle one and cycle two. Every cycle consist of fourth stages: planning, implementation, observation and reflection. The data of the research were then analyzed using qualitative and quantitative technique. The result showed that by using Peer Tutoring Learning could increase the result of student’s learning in the lesson Building Construction learning. On the 1st cycle got an average 2,70 who was achieved a completely 55% and the 2nd cycle got an average 3,02 who was achieved a completely 86%. While off a result the student’s observation in the 1st cycles score average 2,40 and then the 2nd cycle indicating increased of score average 2,80. Based on data of the research the implementation of Peer Tutoring Learning could increase the result of Student’s learning in the lesson Building Construction 2, Especially the Peer Tutoring Learning were able to improving student effectiveness in the process learning. Key Words: Peer Tutoring Learning, Learning Achievement, Building Construction