Daftar Isi:
  • Gambar Interior dan Exterior Bangunan Gedung (GIEBG) merupakan salah satu mata pelajaran di jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Penggunaan software SketchUp merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai penggunaan software SketchUp dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG ,serta seberapa besar pengaruh penggunaan software SketchUp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik Sampling Purposive pada siswa kelas XI GB2 Jurusan Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran GIEBG yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan hanya terbatas pada peranan penggunaan software SketchUp,motivasi intrinsik & ekstrinsik siswa pada mata pelajaran GIEBG. Penelitian ini menggunakan analisis statistik untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara variabel yang ditetapkan. Instrumen penelitian menggunakan skala likert pada variabel X dan variabel Y. Analisis koefesien korelasi menunjukan pengaruh penggunaan software SketchUp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG memiliki tingkat yang sedang sebesar 18,3%. Analisis hipotesis membuktikan bahwa adanya pengaruh yang positif antara penggunaan software SketchUp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG. Bedasarkan uji kecenderungan penggunaan software SketchUp dan motivasi belajar siswa termasuk kedalam kategori yang baik sebesar 33% ,dan sangat baik sebesar 30,6%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan software SketchUp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran GIEBG di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. ; Pictures of Interior and Exterior Building (GIEBG) is one of subjects in Department of Architecture Engineering at SMK Negeri 2 Tasikmalaya. The use SketchUp software is one of factors that influence student motivation on subjects GIEBG. This study aims to determine the general description of the use of SketchUp software and student motivation on subjects GIEBG, and how much influence the use of SketchUp software to students' motivation on subjects GIEBG. This research uses a correlational descriptive method with quantitative approach and using purposive sampling techniques in class XI GB2 Architecture Engineering Department on subjects GIEBG totaling 36 students. This research was conducted only limited to the role of use SketchUp software, intrinsic and extrinsic motivation of students on subjects GIEBG. This study uses statistical analysis to determine whether or not the influence of variables specified. Research instrument uses a Likert scale of the variables X and Y. Analysis of correlation coefficient indicates the effect of the use of SketchUp software to students' motivation on subjects GIEBG have a moderate level of 18.3%. Analysis proved the hypothesis that the positive influence of the use of SketchUp software to students' motivation on the subjects GIEBG. Based on the trend of using software SketchUp test and student's motivation included into the category of good by 33%, and is very good at 30.6%. The conclusion from this study showed that there is a positive influence between the use SketchUp software to students' motivation on subjects GIEBG at SMK Negeri 2 Tasikmalaya.