Daftar Isi:
  • Minat merupakan rasa ketertarikan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal akibat rangasangan dari hal tersebut, minat tidak dibawa sejak lahir tetapi diperoleh setelah rangsangan tersebut. Maka, minat menjadi guru dapat diartikan sebagai rasa ketertarikan terhadap profesi guru yang mendorong seseorang untuk berusaha menjadi guru. Minat intrinsik untuk menjadi guru merupakan minat dasar atau minat asli yang timbul karena aktivitas atau pengalaman yang berhubungan profesi guru. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan merupakan salah satu program studi di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan pada Universitas Pendidikan Indonesia. Program studi ini berperan dalam menyiapkan tenaga pendidik atau guru dalam bidang teknik sipil. Mahasiswa yang mengenyam pendidikan pada program studi ini setidaknya telah memiliki ketertarikan terhadap profesi guru. Meski begitu lulusan dari program studi ini bisa dikatakan sedikit yang menjalani profesi guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai minat mahasiswa untuk menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Pendidikan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik quesioner atau berupa angket. Angket yang disebarkan untuk penelitian ini merupakan angket tertutup. Angket diberikan kepada responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Hasil kecenderungan variabel tunggal mengenai minat mahasiswa untuk menjadi guru menunjukan minat mahasiswa untuk menjadi guru cukup tinggi, sedangkan untuk mahasiswa yang telah melaksankan Program Latihan Profesi menunjukan minat yang tinggi. Ini menunjukan bahwa mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan sejak awal memang memiliki minat terhadap profesi guru. Kata Kunci : Minat, Guru