PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ASPEK READING DI KELAS INKLUSIF
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencari atau merumuskan strategi pembelajaran bahasa Inggris pada aspek reading di kelas inklusif yang melibatkan siswa tunanetra dan siswa awas yang memungkinkan menggunakan media baca yang berbeda serta pengembangannya untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam usaha peningkatan dan pengembangan pengajaran di kelas inklusif, khususnya strategi pembelajaran bahasa Inggris pada aspek reading di kelas yang terdapat siswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitik. Dari hasil penelitian ini peneliti mendapatkan beberapa hasil diantaranya; 1) Strategi pembelajaran bahasa Inggris pada aspek reading di kelas inklusif yang terdapat siswa tunanetra belum berjalan maksimal, siswa tunanetra belum diberikan porsi yang sama dengan anak awas lainnya dikarenakan pengetahuan guru yang kurang tentang pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusif serta keterbatasan alat bantu, 2) Tidak terdapat alat bantu ataupun perbedaan media baca antara anak tunanetra dengan anak awas, mereka sama-sama diberi teks bacaan dengan tulisan awas. Berdasarkan temuan – temuan tersebut peneliti merumuskan sebuah pengembangan strategi pembelajaran bahasa Inggris pada aspek reading dikelas inklusif yang terdapat siswa tunanetra yang dapat dijadikan acuan untuk guru bahasa Inggris mengembangkan pembelajarannya di kelas inklusif