Daftar Isi:
  • Standar Kompetensi Lulusan pada peserta didik salah satunya adalah memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan. Supaya kualifikasi dalam ranah pengetahuan (kognitif) dapat tercapai, diperlukan strategi yang tepat dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif dengan menggunakan strategi writing to learn dalam pembelajaran gerak lurus dan bagaimana hubungan antara kualitas menulis dengan peningkatan kognitifnya. Strategi writing to learn merupakan strategi yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kemampuan kognitif antara siswa yang menggunakan strategi writing to learn dengan siswa yang tidak menggunakan strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest dan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 22 butir soal. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan gain dinormalisasi, effect size, serta analisis regresi dan korelasi liner sederhana. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi writing to learn dapat meningkatkan kemampuan kognitif <g> = 0,63 dengan kategori sedang dan berdampak pada peningkatan kognitif d = 0,94 dengan kategori sangat kuat. Kualitas menulis dalam strategi writing to learn berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan kognitif r = 0,74 dengan kategori tinggi.