RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh dalam proses pembelajaran karena media pembelajaran dapat menciptakan proses belajar- mengajar yang efektif. Proses pembelajaran sangat berpengaruh pada penerimaan siswa tentang mata pelajaran tersebut. Masalah utama dalam pembelajaran adalah model pembelajaran yang digunakan harus tepat sehingga siswa bisa memperoleh hasil yang maksimal. Untuk itu, penerapan model explicit instruction dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model explicit instruction dalam multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar basis data siswa SMK RPL. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 4 Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, diperoleh nilai sebesar 80 % yang termasuk kedalam kategori baik sekali. 2) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran dengan model explicit instruction rata-rata persentase skor sebesar 82,40% dengan kategori baik sekali. 3) Multimedia pembelajaran dengan model explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran basis data. Hal ini ditunjukan dengan nilai gain yang dihasilkan yaitu 0.54 pada kelas kontrol dengan kategori sedang, dan 0.71 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi.