PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PARTISIPASI DAN MOTIVASI SISWA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN SEPAKBOLA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain terhadap partisipasi dan motivasi siswa dalam aktivitas pembelajaran sepakbola di MTs Al- Musyawarah Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al-Musyawarah. Instrumen yang digunakan yaitu tes angket, dan GPAI (Game Performance Assesment Instrument). Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan ρ value ≥ 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene’s Test dengan ρ value ≥ 0,05. Uji hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji one sample t test dengan p value <0,05. Hipotesis 3 menggunakan uji paired t test dengan p value <0,05 Dari hasil pengujian analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan bermain memberikan pengaruh terhadap partisipasi dengan nilai signifikansi <0.05 yaitu 0.000, dan pendekatan bermain memberikan pengaruh terhadap motivasi dengan nilai signifikansi <0.05 yaitu 0.000. Serta pendekatan bermain berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan bermain sepakbola siswa dengan nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.000 dengan peningkatan persen 57,70%