Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil, evaluasipembelajaranmusikensemblemelalui media gamelan degung. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakanmetodedeskriptif dengan subjek penelitian 12 orang siswa kelas V SDN Ambitkecamatan Situraja kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan model Miles &Hubermanuntukpengolahandatanya yang terdiri dari tahap reduksi data (data reduction), tahappenyajian(display data), dantahapverifikasi(conclution drawing/verification). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedomandokumentasi.Proses pembelajaran musik ensemble melalui media gamelan degung terdiri dari beberapa tahapan; (a) penyampaian teori musik ensemble berikut contoh sajian musik ensemble yaitu musik gamelan degung, (b) pengenalan alat-alat musik dalam musik ensemble gamelan degung, (c) tahap memotivasi siswa agar tertarik untuk belajar memainkan musik ensemble gamelan degung, (d) mengajarkan teknik-teknik memainkan gamelan degung yaitu cara memegang pemukul gamelan dan cara memainkan alat musik gamelan degung, (e)memberikan notasi lagu sederhana contohnya lagu pembukaan “Gambir Sawit” untuk dipelajari dan dimainkan siswa pada gamelan degung, (f) melakukan latihan intensif untuk memainkan lagu tersebut, (g) memberikan evaluasi akhir untuk materi musik ensemble. Hasil pembelajaran musik ensemble melalui media gamelan degung adalah keterampilan siswa dalam memainkan alat musik gamelan degung yang merupakan salah satu budaya nusantara. Selaras dengan tujuan pendidikan seni yaitu untuk melestarikan dan mewariskan seni ke generasi selanjutnya.Evaluasi pembelajaran musik ensemble melalui media gamelan degung dilaksanakan dalam bentuk pertunjukan sederhana. Dalam kriteria penilaiannya mencakup tiga aspek yaitu hafalan notasi lagu (kognitif), teknik bermain gamelan degung (psikomotor), dan sikap pada saat bermain gamelan degung (afektif). Kata kunci: pembelajaranmusik, musik ensemble, gamelan degung