ANALISIS MODEL EVALUASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMK 45 LEMBANG DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul Analisis Model Evaluasi Pada Pembelajaran Seni Tari Di SMK 45 Lembang Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, berujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang digunakan di SMK 45 Lembang pada pembelajaran seni tari yang dirasakan oleh para guru sangat sulit. Permasalahan yang lainnya adalah sulitnya penilaian yang dilakukan kepada tiap siswa. Ada tiga penilaian yang harus dilakukan oleh guru diantaranya penilaian sikap (afektif), penilaian pengetahuan (kognitif), dan penilaian keterampilan (psikomotor). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model evaluasi pembelajaran seni tari dalam kurikulum 2013 , proses evaluasi dan mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhinya.Metode penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan hasil analisis terhadap model evaluasi pada pembelajaan seni tari di SMK 45 Lembang. Temuan yang didapat dari pelaksanaan penelitian yaitu model evaluasi pembelajaran seni tari dalam pelaksanaan kurikulum 2013, model evaluasi pembelajaran seni tari yang digunakan dnegan penilaian autentik yang meliputi penilaian terhadap aspek apektif, kognitif, dan psikomotor. Evaluasi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena dengan melakukan evaluasi hasil yang diperoleh berupa masukan-masukan atau berupa kebijakan baru yang dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang mencetak insan generasi baru yang produktif, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan berbagai macam tantangan kehidupan