IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INSTRUMENTASI KONTROL PROSES DI SMKN 1 CIMAHI

Main Author: Afthoni, Bagus Irfan Nur
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/24541/1/S_TE_1002485_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24541/2/S_TE_1002485_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24541/3/S_TE_1002485_Table%20Of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/24541/4/S_TE_1002485_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24541/5/S_TE_1002485_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24541/6/S_TE_1002485_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24541/7/S_TE_1002485_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24541/8/S_TE_1002485_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24541/18/S_TE_1002485_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24541/9/S_TE_1002485_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/24541/10/S_TE_1002485_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/24541/11/S_TE_1002485_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/24541/12/S_TE_1002485_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/24541/13/S_TE_1002485_Appendix5.pdf
http://repository.upi.edu/24541/14/S_TE_1002485_Appendix6.pdf
http://repository.upi.edu/24541/15/S_TE_1002485_Appendix7.pdf
http://repository.upi.edu/24541/16/S_TE_1002485_Appendix8.pdf
http://repository.upi.edu/24541/17/S_TE_1002485_Appendix9.pdf
http://repository.upi.edu/24541/
http://repository.upi.edu/
Daftar Isi:
  • Model Project based learning (PjBL) merupakan salah satu bagian inovasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Kelebihan dari PjBL yaitu proyek yang dapat dipilih atau dikembangkan untuk mencapai hasil pembelajaran tertentu dan siswa didorong agar aktif berkolaborasi, berkomunikasi, dan meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan kepada siswa serta memberi pengalaman nyata. Penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran Project based learning pada mata pelajaran teknologi instrumentasi kontrol proses di SMK Negeri 1 Cimahi ini dilakukan pada kelas XI paket keahlian Kontrol Proses. Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran teknologi instrumentasi kontrol proses (TIKP) dilihat dari hasil ulangan harian, dimana lebih dari sebagian jumlah siswa dikelas belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum, yaitu sebanyak 20 siswa (58,82%). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) efektif meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor siswa dan lebih dari 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-experimental design, dengan bentuk one group pre-test post-test. Dari hasil penelitian dari aspek kognitif menyatakan dari 34 siswa yang menjadi sampel, perolehan nilai 27 siswa (79%) mencapai KKM, dan jumlah siswa untuk aspek afektif dan psikomotor yang mencapai KKM adalah 34 siswa (100%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project based learning pada mata pelajaran teknologi instrumentasi kontrol proses efektif meningkatkan kemampuan afektif, kognitif dan psikomototr siswa hingga mencapai (KKM)