PEMBERIAN REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA DI SMK NEGERI 2 GARUT
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar peserta didik pada kompetensi pemeliharaan/servis sistem kopling dan komponennya diduga oleh rendahnya motivasi peserta didik dan pasifnya peserta didik selama proses pembelajaran. Pemberian reinforcement merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan motivasi peserta didik, sehingga peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran yang menyebabkan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat: (1) meningkatkan motivasi peserta didik; (2) meningkatkan aktivitas belajar peserta didik; dan (3) meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dan dilakukan di kelas XI TKR 5 SMK Negeri 2 Garut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar, dan lembar tes berupa pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada motivasi belajar dalam kategori sangat kuat, terjadi peningkatan pada aktivitas belajar dalam kategori sangat tinggi, dan terjadi peningakatan hasil belajar peserta didik (aspek kognitif dalam kategori amat baik, aspek psikomotor dalam kategori amat baik, dan aspek afektif dalam kategori sangat positif). Pemberian reinforcement dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik, terjadi karena: 1) pemberian reinforcement yang bervariasi; 2) pemberian reinforcement diberikan dengan segera tanpa menunda; 3) mengatur jadwal penguatan dan memberikan reinforcement tepat pada waktunya; 4) pemberian reinforcement diberikan tepat sasaran; dan 5) menghindari pemberian reinforcement negatif