MÉDIA AUDIO-VISUAL DINA PANGAJARAN NYARITAKEUN TOKOH IDOLA: Studi Kuasi Ékspérimén ka Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Cimahi Taun Ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya media pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar dan kurangnya kemampuan siswa dalam menceritakan tokoh idola. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sebelum menggunakan media audio-visual; (2) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sesudah menggunakan media audio-visual; dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sebelum dan sesudah menggunakan media audio-visual. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes. Media yang diujicobakan dalam penelitian ini adalah media audio-visual. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Cimahi Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sebelum menggunakan media audio-visual rata-ratanya 72,8; (2) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sesudah menggunakan media audio-visual rata-ratanya 81,7; dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa menceritakan tokoh idola sebelum dan sesudah menggunakan media audio-visual, bisa terlihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 10,86 > 2,46. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya media audio-visual bisa meningkatkan kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII C di SMP Negeri 6 Cimahi Tahun Ajaran 2015/2016.