Daftar Isi:
  • Penelitian ditujukan untuk menguji keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mereduksi kecenderungan adiksi cybersex peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kecenderungan adiksi cybersex. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK N 45 Jakarta Tahun ajaran 2014/2015 yang memiliki kecenderungan cybersex tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga katagori tingkatan kecenderungan adiksi cybersex, yaitu: tingkat kecenderungan adiksi cybersex tinggi, tingkat kecenderungan adiksi cybersex sedang, dan tingkat kecenderungan adiksi cybersex rendah. Perlakuan pada katagori tinggi difokuskan untuk terjadinya reduksi menuju katagori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konseling kognitif perilaku efektif untuk mereduksi kecenderungan adiksi cybersex. Konselor diharapkan mampu menerapkan konseling kognitif perilaku untuk mereduksi kecenderungan adiksi cybersex.