PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengenai penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA di salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran tentang proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) memperoleh gambaran tentang peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pelaksanaan penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA, dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas hanya 35,7% sedangkan sisanya 64,3% masih berada di bawah KKM saat diadakan tes pra tindakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mengadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan pada proses pembelajaran dan peningkatan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari tes pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 57,14% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,95%. Selain itu, peningkatan pemahaman konsep siswa juga terlihat dari perolehan nilai rata-rata tes evaluasi. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa hanya mencapai 71 meningkat pada siklus II menjadi 75,19. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.