PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang baik dalam pembelajaran IPS. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan model Problem Based Learning. Model pembelajaran ini menjadikan sebuah masalah sebagai poin utama dalam pembelajaran, masalah yang ada merupakan masalah disekitar siswa sehingga pengetahuan siswa terhadap suatu peristiwa atau sebuah masalah yang ada di sekitarnya akan meningkat. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Partisipan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN X. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Mc.Taggart. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa dan guru untuk melihat penerapan model Problem Based Learning serta lembar evaluasi untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Ketercapaian penelitian terlihat dari penerapan tahapan model Problem Based Learning pada siswa dan guru yang melebihi 80% serta persentase ketuntasan belajar siswa yang melebihi 80%. Penerapan model yang digunakan pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Terlihat dari persentase ketercapaian pada setiap siklusnya. Kemudian peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 35,3% siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal, siklus II 64,7% dan siklus III 100%, dalam setiap siklusnya semakin banyak siswa mengalami peningkatan hasil belajarnya. Oleh karena itu penerapan model Problem Based Learning terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah sosial di Sekolah Dasar