IMPLEMENTASI UJIAN ONLINE DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari ujian berbasis online di SMA Negeri Kota Bandung. Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui (1) persiapan ujian berbasis online, (2) pelaksanaan ujian berbasis online, (3) pendapat siswa mengenai persiapan dan pelaksanaan ujian berbasis online, dan (4) faktor pendukung dan penghambat ujian berbasis online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif jenis survey dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri di Kota Bandung. Teknik sampel yang digunakan adalah tehnik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 3 sekolah yaitu SMAN 3 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMAN 6 Bandung . Temuan penelitian ini menunjukan (1) pada persiapan UNBK masih terdapat kekurangan ruang laboratorium komputer yang digunakan untuk ujian, sekolah mengadakan simulasi dan pelatihan untuk siswa dan guru, dan beberapa sekolah telah melebihi penyediaan komputer dari yang menjadi syarat pelaksanaan UNBK, (2) pada pelaksanaan UNBK telah berjalan dengan lancar tanpa terdapat hamabatan yang rumit, (3) pendapat siswa mengenai persiapan dan pelaksanaan UNBK yaitu pada persiapan lebih dari setengah siswa setuju dengan adannya simulasi UNBK dan pada pelaksanaanya siswa lebih mudah mengerjakan ujian dengan sistem UNBK dan siswa merasa lebih termotivasi dalam mengikuti ujian berbasis komputer, (4) berdasarkan wawancara yang telah dilakukan ditemukan faktor pendukung pada pelaksanaan ujian berbasis online di antaranya sarana dan prasarana, SDM , dan pihak eksternal. Sedangkan, faktor penghambat dalam pelaksanaanya ujian berbasis online adalah listrik, internet dan komputer server pusa