MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGANKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA: Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa kelas V SDN 16 Banda Aceh
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan teknik permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. Penentuan sampel menggunakan metode sampling jenuh yang subjeknya merupakan seluruh siswa kelas V SDN 16 Banda Aceh yang berjumlah 60 siswa. Analisis data menggunakan persentase dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model pembelajaran kooperatif dengan teknik permainan tradisional efektif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dikarenakan mayoritas siswa lebih memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi setelah di beri perlakuan.