METODE PROJECT BASE LEARNING UNTUK PENCAPAIAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN ALGORITMA PERCABANGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dan dirancang untuk mengetahui bagaimana mencapai suatu keterampilan yang dibutuhkan peserta didik dengan menerapkan metode project base learning (PjBL) berbantuan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan pada peserta didik sehingga dalam penelitian ini dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga peserta didik lebih kreatif dan memiliki keterampilan. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang mampu membantu peserta didik mencapai suatu keterampilan, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode project base learning (PjBL). PjBL adalah metode berbasis proyek yang berbasis masalah yang dilakukan peserta didik dengan tahapan pertanyaan penting, perencanaan, jadwal, monitor, menilai dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Multimedia yang digunakan layak digunakan dengan persentase penilaian ahli media 82% skala sangat baik, ahli materi 66,8% skala baik. 2) Respon peserta didik terhada penilaian multimedia sebesar 72,94% skala baik. 3) Keterampilan abad 21 yang ialah keterampilan belajar dan inovasi 66%, keterampilan teknologi dan media informasi 66%, keterampilan hidup berkaris 64%. 4) Dari pembelajaran berbasis proyek dapat menigkatkan hasi belajar rata-rata nilai kelompok atas dari 82,4 menjadi 85,8, kelompok tengah dari 64,9 menjadi 66,5 dan tidak adanya peserta didik pada kelompok bawah. Dari hasil uji gain didapat hasil kelompok atas sebesar 0,38 dan sedang 0,17. Hasil uji hipotesis didapat nilai sig. 0,000 yang artinya multimedia yang digunakan meningkatkan hasil belajar dan nilai sig. 0,014 untuk penerapan metode project base learning (PjBL) dalam membantu mencapai keterampilan abad 21.