Daftar Isi:
  • Penelitiantindakankelasinidilatarbelakangidarimasalah yang terjadipadapembelajarangerakdasarservisbawahdalampermainan bola volisiswamengalamikesulitandalampembelajarangerakdasarservisbawah, saran danprasarana yang tidakmemadaisehinggaaktivitaspembelajaranmenjadimenotondantidakefesien, siswakurangaktifdanantusiadalammengikutipembelajaranservisbawah. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniyaitumetodePenelitianTindakanKelasdalampenggunaanmetodeinipenelitimenggunakantigasiklus.Istrumenpenelitian yang digunakanyaitu IPKG 1, IPKG 2, tesaktivitassiswa, teshasilbelajar, format wawancara, dan format hasilcatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukanbahwadenganpenerapanmodifikasi bola plastikpembelajaranservisbawahpermainanboalvolimeningkatkanperancanaanpembelajaranpadasiklus I mencapai 53,75%, siklus II mencapai69,75%, siklus III mencapai 91,09% dari target 85%. Aktivitassiswapadasiklus I mencapai 10% yang dinyatakantuntas, siklus II mencapai 45% yang dinyatakantuntas, siklus III mencapai 90% dari target 85%. Hasilbelajarpadasiklus I mencapai 30% yang dinyatakan lulus, siklus II mencapai 55% yang dinyatakan lulus, siklus III mencapai90% dari target 85%. Denganmeningkatkannyaperencanaanpembelajaranmakaakanterjadipeningkatanpadapelaksanaanpembelajarandandenganmodifikasi bola plastikpembelajaran yang diterapkansecaramaksimalakanmengakibatkanpeningkatanaktivitassiswadantercapai target darihasilbelajarsiswapadamaterigerakdasarservisbawahdalampermainan bola voli.