KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL: Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling analisis transaksional untuk mengurangi perilaku agresif remaja. Fenomena yang terjadi di Kota Padang akhir-akhir ini sering terjadi tindakan kekerasan dan perilaku agresif yang dilakukan remaja usia sekolah menengah. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya permasalah yang terjadi di sekolah terkait dengan perilaku agresif. Tindakan agresif merupakan perbuatan yang mengakibatkan orang lain mengalami penderitaan, sehingga mendatangkan kesusahan baik fisik maupun psikologis. Penelitian ini difokuskan pada dua hal. Pertama, mengkaji perilaku agresif yang terjadi pada siswa SMK yang ditinjau dari tipe perilaku agresif yaitu; (1) direct physical aggression (2), indirect physical aggression (3), direct verbal aggression (4) indirect verbal aggression. Kedua membuat panduan konseling analisis transaksional untuk mengurangi perilaku agresif remaja dengan melakukan analisis ego state, transactions,dan life script. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) untuk menghasilkan produk akhir berupa panduan konseling analisis transaksional. Metode eksperimen digunakan untuk menguji efektifitas konseling analisis untuk mengurangi perilaku agresif remaja. Metode deskriptif digunakan untuk memperoleh informasi tentang perilaku agresif remaja. Hasil uji empiris terhadap Konseling Analisis Transaksional ini menunjukkan bahwa secara spesifik konseling analisis transaksional efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa remaja di SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini diakhiri dengan menyusun buku pedoman pelaksanaan konseling analisis transaksional untuk mengurangi perilaku agresif remaja. Panduan konseling ini disosialisasikan kepada guru bimbingan dan konseling pada tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Padang.