Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pencapaian dan peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) dan Kemampuan Penalaran Matematis (KPM) siswa yang memperoleh Strategi Pembelajaran Metakognitif (SPM) dan siswa yang mendapatkan Pembelajaran Biasa (PB) ditinjau dari keseluruhan siswa dan berdasarkan kategori PAM (atas, tengah, bawah), mengkaji perbedaan Self-Esteem Matematis (SEM) siswa yang mendapat SPM dan PB ditinjau dari keseluruhan siswa dan berdasarkan kategori PAM, serta mengetahui sikap siswa terhadap SPM. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Jatinangor terdiri dari dua kelas yakni 42 siswa diberi SPM dan 42 siswa PB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan capaian dan peningkatan KPMM yang signifikan antara kedua kelas; (2) berdasarkan PAM: tidak ada perbedaan capaian dan peningkatan KPMM yang signifikan antara PAM bawah dari kedua kelas namun terdapat perbedaan pada PAM atas dan tengah; (3) ada perbedaan capaian dan peningkatan KPM yang signifikan antara kedua kelas; (4) berdasarkan PAM: tidak ada perbedaan capaian KPM yang signifikan antara PAM bawah dari kedua kelas namun terdapat perbedaan pada PAM atas dan tengah serta tidak ada perbedaan peningkatan KPM yang signifikan antara PAM tengah dan bawah dari kedua kelas namun terdapat perbedaan pada PAM atas; (5) ada perbedaan capaian SEM yang signifikan antara kedua kelas; (6) berdasarkan PAM: tidak ada perbedaan capaian SEM yang signifikan antara PAM atas dari kedua kelas namun terdapat perbedaan pada PAM tengah dan bawah.