PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA: Penelitian tindakan kelas pada siswa SMAN 1 Parongpong Kab Bandung Barat
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap meningkatkan motivasi pembelajaran permainan sepakbola di SMAN 1 Parongpong Kab Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research. Dalam penggunaan ini peneliti menggunakan dua siklus. Sampel pada penelitian ini menggunakan siswa-siswi kelas XII-IPA-1 SMAN 1 Parongpong. Instrument yang digunakan adalah observasi motivasi. Dalam setiap siklusnya terdiri dari materi dua tindakan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif. Variable terikatnya adalah motivasi siswa. Dari analisis data didapat data awal ke tindakan satu sebanyak 14.8%. Tindakan dua meningkat menjadi 15.7%. Tindakan tiga meningkat hingga 30.03%. Dari Tindakan empat meningkat 53.5%. Jika di simpulkan secara keseluruhan dari data awal hingga pada akhir tindakan terjadi peningkatan. Maka disimpulkan hipotesis diterima bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola di kelas siswa kelas XII SMA Negeri 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Penulis berharap para guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif, apabila ingin meningkatkan motivasi peserta didik.