PENGEMBANGAN PROGRAM LATIHAN ORIENTASI DAN MOBILITAS TEKNIK PENDAMPING AWAS BAGI KELUARGA SISWA TUNANETRA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi faktual keterampilan teknik pendamping awas keluarga pada siswa tunanetra, memperoleh gambaran faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan program latihan teknik pendamping awas, membuat rumusan pengembangan program latihan teknik pendamping awas bagi keluarga siswa tunanetra dan mendapatkan gambaran hasil uji coba pengembangan program latihan teknik pendamping awas bagi keluarga siswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal: Pertama, kondisi faktual membuktikan bahwa keluarga tidak paham akan ketunanetraan dan tidak terampil dalam menggunakan teknik pendamping awas. Kedua, rasa malu dan kurang kerjasama antara tunanetra dan keluarga adalah salah satu faktor penghambat sedangkan adanya kemauan untuk berlatih teknik pendamping awas menjadi faktor pendukung. Ketiga, pengembangan program latihan teknik pendamping awas bagi keluarga siswa tunanetra telah di validasi. Keempat, pengembangan program latihan teknik pendamping awas bagi keluarga siswa tunanetra di uji coba dengan melaksanakan pelatihan pada salah satu anggota keluarga, kemudian di observasi, wawancara dan di dokumentasikan. Untuk mencapai hasil yang sempurna diharapkan adanya kerjasama antara keluarga dan sekolah.