Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dan penggunaan model pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model induktif kata bergambar pada pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil nilai menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Puragabaya Kota Bandung taun ajaran 2015/2016, dengan jumlah 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Tehnik yang digunakan adalah tehnik tes, dan instrumen yang digunakan yaitu lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui rata-rata hasil nilai menulis cerita pendek sebelum menggunakan model induktif kata bergambar masih ada dalam kriteria belum mampu (65,00) mencapai KKM, sedangkan rata-rata hasil nilai menulis cerita pendek setelah menggunakan model induktif kata bergambar ada dalam kriteria mampu (76,00) mencapai KKM. Dari uji hipotesis diperoleh titung (7,56) > ttabél (2,51), hal ini menunjukkan bahwa model induktif kata bergambar dapat meningkatkan (11,04%) hasil nilai siswa kelas X SMA Puragabaya Kota Bandung taun ajaran 2015/2016 pada pembelajaran menulis cerita pendek.