IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE-KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi keterampilan dasar mengajar guru bahasa Indonesia dan implikasinya terhadap proses belajar siswa SMA Negeri se-Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini, melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara umum guru bahasa Indonesia mampu mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar dengan baik, yaitu keterampilan bertanya dasar dan lanjutan, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Meskipun demikian masih terdapat guru yang belum optimal dalam menerapkan indikator keterampilan bertanya lanjutan. Dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, masing-masing guru memiliki cara yang berbeda-beda, tetapi pada prinsipnya membawa implikasi kesesuaian, kreativitas dan inovatif, ketepatan, kebermanfaatan, membangkitkan perhatian dan motivasi, serta menyenangkan. Adapun berbagai kendala yang diungkapkan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia termasuk dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, antara lain perubahan kurikulum yang terlalu cepat, motivasi belajar siswa kurang, keterbatasan media pembelajaran, dan beban belajar yang banyak dengan alokasi waktu yang sedikit. sebagai upaya mengatasi berbagai kendala tersebut, para guru bahasa Indonesia terus meningkatkan keterampilannya guna tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yang optimal.