Daftar Isi:
  • Disposisi berpikir kritis dan penguasaan konsep penting dalam pembelajaran fisika. Namun, ada indikasi disposisi berpikir kritis dan penguasaan konsep ini belum terfasilitasi secara optimal dalam pembelajaran fisika disekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran profil disposisi berpikir kritis siswa dan penguasaan konsep siswa setelah penerapan inkuiri terbimbing. Penelitian pre-eksperimental dengan desain one-shot case study dilakukan pada sample yang berjumlah 37 siswa disalah satu sekolah kabupaten Cirebon. Untuk melihat adanya pengaruh tersebut, dilakukan pengukuran disposisi berpikir kritis menggunakan motode observasi sebagai penilaian sikap kepada siswa disetiap pertemuan dan pengisian kuesioner berupa angket diakhir pertemuan, serta pengukuran penguasaan konsep dengan cara pengisian soal tes materi hukum Newton tentang gerak diawal dan akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari model inkuiri terbimbing terhadap disposisi berpikir kritis dan terdapat hubungan baik antara disposisi berpikir kritis dengan penguasaan konsep. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor penilaian sikap disetiap pertemuannya, yaitu sebesar 47,6%, 52,4%, dan 68,5%, dengan kriteria rendah, rendah, dan tinggi. Kemudian didapat skor angket sebesar 78,0%, dengan kriteria tinggi. Sedangkan hasil effect size terhadap penguasaan konsep yaitu sebesar 1,8 yang berada pada kategori tinggi.