Daftar Isi:
  • Isu penting dalam pemasaran diantaranya adalah kegiatan pengambilan keputusan. Penelitian mengenai proses keputusan pembelian telah banyak berkembang dan menjadi topik utama untuk diteliti. Perkembangan dunia telekomunikasi menciptakan perubahan pada keputusan pembelian konsumen yang berubah menjadi keputusan pembelian online. Berkembangnya internet membuat kegiatan jual beli menjadi semakin mudah, namun kemudahan tersebut tidak membuat konsumen banyak melakukan keputusan pembelian secara online sehingga fenomena yang terjadi saat ini adalah keputusan pembelian online yang masih rendah. Rendahnya keputusan pembelian online konsumen dapat ditingkatkan dengan kualitas informasi dan keamanan transaksi pada industri situs jual beli online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional method. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, verifikatif dan metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 170 konsumen. Teknik analisa data yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas informasi dan keamanan transaksi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan kategori pengaruh sedang, kualitas informasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian online dengan kategori pengaruh rendah, keamanan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian online dengan kategori pengaruh sedang. Penulis merekomendasikan agar perusahaan situs jual beli online dapat lebih memperhatikan faktor kualitas informasi dan keamanan transaksi untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian online konsumen.