Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan sebuah penelitian mengenai upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang dilakukan di SMPN 3 Lembang. Dengan kurangnya hasil belajar siswa yang masih dibawah rata-rata, maka peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas untuk menunjang hasil belajar atau keterampilan siswa. Pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah guru hanya memberikan pembelajaran yang biasa saja tanpa adanya suatu interaksi antara guru dan murid serta kurangnya modifikasi pembelajaran, hal ini menyebabkan siswa tidak ikut berpartisipasi secara merata dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan menggunakan rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri atas tahapan perencanaan tindakan. Pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan terhadap 37 siswa kelas VIII E SMPN 3 Lembang yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Proses penelitian dibagi kedalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi yang didalamnya terdapat tes, catatan lapangan, dokumentasi. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan alat bantu rol belakang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus meningkatkan mutu proses dan mutu pembelajaran pendidikan jasmani.