PERBANDINGAN PENGARUH OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KERJASAMA SISWA SMP NEGERI 1 CIMAHI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran olahraga permainan bola besar dengan pembelajaran permainan tradisional terhadap peningkatan kerjasama. Metode penelitian yang adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dibagi kedalam dua kelompok yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimahi yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola 1 yang merupakan kelompok pembelajaran olahraga permainan bola besar dengan jumlah 20 orang dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimahiyang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola 2 yang merupakan kelompok pembelajaran permainan tradisional dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kerjasama. Berdasarkan uji normalitas diperoleh hasil dalam pre-test olahraga permainan bola besar Lhitung 0,122 dan permainan tradisional Lhitung 0,126, kemudian saat post-test olahraga permainan bola besar Lhitung 0,159 dan permainan tradisional Lhitung 0,187. Jadi data yang diperoleh berdistribusi normal karena tidak lebih dari Ltabel 0,190. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil dari pre-test sebesar 0,937dan post-test sebesar 0,106. Jadi data yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test adalah homogen karena karena lebih besar dari 0,05. Uji hipotesis diperoleh hasil dari hipotesis pertama bahwa diperoleh nilai signifikansi sebesar (0,000) dan dinyatakan H0 ditolak karena (0,000) < (0,05). Hasil dari hipotesis kedua diperoleh nilai signifikansi sebesar (0,000) dan dinyatakan H0 ditolak karena (0,000) < (0,05). Dan hasil dari hipotesis ketiga yang sesuai dengan besaran equel variances assumed sebesar 0,000 dan nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,00< 0,05) maka hipotesis nol di tolak. Dengan demikian pembelajaraan permainan tradisional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kerjasama.