LITERASI MATEMATIS SISWA SMP PADA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA BERDASARKAN GENDER: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas 8 SMP di Salah Satu Sekolah Negeri di Kota Bandung
Daftar Isi:
- Moore (dalam OECD, 2013, hlm. 35) mengatakan bahwa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan sehari-hari, ketidakpastian (uncertainty) selalu ada. Uncertainty merupakan fenomena-fenomena yang membutuhkan analisis matematis dari banyak situasi masalah. Teori probabilitas, statistika, dan teknik representasi data telah dibentuk untuk menangani hal tersebut. Hal ini juga mencakup untuk membangun, menafsirkan, dan mengevaluasi penarikan kesimpulan melalui situasi uncertainty sebagai pusatnya. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk, 1) mengetahui pencapaian literasi matematis siswa SMP pada konten uncertainty and data yang ditinjau berdasarkan ketercapaian level, 2) untuk mengetahui pencapaian literasi matematis siswa perempuan dan siswa laki-laki. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes literasi matematis dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata, pencapaian literasi matematis siswa SMP pada konten uncertainty and data berdasarkan level kecakapan berada pada level 4; 2) pencapaian literasi matematis pada siswa perempuan adalah level 4; 3) pencapaian literasi matematis siswa laki-laki adalah level 4. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pencapaian siswa perempuan dan siswa laki-laki pada literasi matematis sama, yaitu level 4. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pijakan terhadap penelitian lanjutan yang berhubungan dengan literasi matematis siswa SMP.