PERBANDINGAN PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL YANG MENGGUNAKAN ALAT DENGAN TANPA ALAT TERHADAP KERJASAMA Studi Eksperimen terhadap Siswa SMAN 1 Nagreg
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh permainan tradisional yang menggunakan alat dengan tanpa alat terhadap kerjasama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan pretest postest control group desain. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi kerjasama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Nagreg Kab. Bandung berjumlah 184 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa yang diambil dari setiap kelas masing-masing kelas sekitar 10-15% dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian antara permaianan tradisional yang menggunakan alat dengan permainan tradisional tanpa alat dengan menggunakan angket, maupun observasi menunjukkan peningkatan, hal ini menunjukan kedua permainan tradisional tersebut berpengaruh terhadap kerjasama siswa. Menurut hasil dari penghitungan angket permainan tradisional tanpa menggunakan alat lebih baik dibandingkan permainan tradisional yang menggunakan alat, akan tetapi hasil dari penghitungan observasi permainan tradisional yang menggunakan alat sedikit lebih baik dibandingkan permainan tradisional tanpa alat. ; The research objective was to make a comparison of the effects of traditional games with and without using equipment on students’ cooperation. The method used was an experimental method. The research used a pretest-posttest control group design. The research instruments used were questionnaire and observation of cooperation. The research population was class-X MIPA students of Nagreg SMAN 1 of Bandung District, consisting of 184 students. The research sample comprised 20 students selected from each class, where each class represented 10-15%, by using a simple random sampling. The research findings on those traditional games with and without equipment by using questionnaire and observation revealed some enhancement. It indicated that both traditional games affected students’ cooperation. Based on the result of questionnaires, those traditional games without equipment were better than those with equipment. However, based on the result of observation, those traditional games with equipment were slightly better than those without equipment.