Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang di kelas IV B di salah satu SD di kecamatan Sarijadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang di adaptasi dari Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari satu pertemuan dalam satu siklusnya. Subjek penelitian adalah kelas IV B yang berjumlah 21 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, dilaksanakan pada tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar oservasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Perkembangan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat dilihat dari aktivitas yang semakin kondusif dan antusias mengikuti pembelajaran. Adapun hasil penelitian terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual telah menunjukkan peningkatan. Setelah melakukan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, peningkatan pemahaman konsep matematis dari siklus I sebesar 36% menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa di kelas IV Sekolah Dasar.;