PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMP: StudiDeskriptifterhadap Peserta DidikKelas VII SMP Negeri 5 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai kemampuan penyesuaian diri peserta didik SMP. Hasil penelitian dibuat sebagai dasar pembuatan program hipotetikbimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didikkelasVII SMPNegeri 5 Bandung TahunAjaran 2012/2013. Aspek-aspek penyesuaian diri yang dibahas yaitumengontrolemosi yang berlebih, mampumengatasimekanismepsikologis, mampumenghadapifrustrasi, memilikipertimbangan yang rasionaldanpengarahandiri, memilikikemampuanuntukbelajar, mampumemanfaatkanpengalamanmasalalusertabersikapobjektifdanrealistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptifdaninstrumen yang digunakanuntukmengungkap data adalahangketkemampuanpenyesuaiandiridenganmenggunakanskalaLikert.Dari sampelsebanyak 85 pesertadidik, hasil penelitian menunjukkan kemampuanpenyesuaiandiripesertadidikberadapadakategoritinggisebesar49,4%, rendah sebanyak 36,5%, rendah sekalisebanyak 14,1%, untuk kategori tinggisekali 0% pesertadidik.Program bimbinganpribadisosial dibuat berdasarkan indikatorterendahdalamsetiapaspek
