PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI MACAM-MACAM ALAT INDRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas yang menerapkan interaksi pembelajaran menarik di kelas. Terkait dengan permasalahan paling mendasar yang teridentifikasi di kelas IV SDN Sayabulu tentang kurangnya aktivitas anak selama proses pembelajaran IPA sehingga anak mengalami kesulitan dalam memahami konsep macam-macam alat indera, juga adanya penerapan pembelajaran yang berfokus pada guru yakni ceramah serta sedikit bahkan tidak ada media yang digunakan. Dalam hal motivasi anak mengikuti pembelajaran rendah dan materi yang terlalu sulit pada mata pelajaran macam-macam alat indra sehingga hasil belajar yang diharapkan tidak tercapai.Berdasarkan temuan permasalahan itu maka solusi yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut ialah dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif examples non examples, metode ini dipilih karena merupakan salah satu model yang menerapkan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Dengan pemberian soal pre test sebelum menggunaka metode kooperatif exemples non exempels dan pemberian soal evaluasi hasil pemahaman anak setelah mengaplikasihan metode kooperatif exemples non exemples, yang dilakukan dengan duakali siklus.Data yang terkumpul menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus pertama dengan ketuntasan 68,75 % pada hasil yag masih jauh dari KKM. Lalu terjadi kenaikan signifikan pada siklus kedua dengan hasil 87,5 %. Hal tersebut dikarenakan cara penyampaian guru dalam mengemas pembelajaran sehingga dapat mengatasi kesusahan belajar untuk memahami konsep yang dialami anak. Dengan kata lain hasil yang didapatkan dari simpulan tersebut penelitian ini berhasil, dengan mengunakan model koopertif exemples non exemples dapat meningkatkan hasil belajar anak kelas IV SD.