POLA PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI ENERGI GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam materi energi gerak. Jalan pemecahannya penulis lakukan penelitian melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan adanya peningkatan kualitas pemahaman 22,58% pada siklus I. Siklus II menunjukkan hasil kualitas pemahaman sebesar 51,61% dari 22,58% sebelumnya. Artinya terdapat peningkatan sebesar 29,03%. Kemudian siklus III menunjukkan hasil kualitas pemahaman sebesar 74,19% dari 51,61% sebelumnya. Artinya terdapat peningkatan sebesar 22,58%. Jadi dapat disimpulkan adanya peningkatan pola pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dari siklus I sampai siklus III sebesar 51,61%. Artinya pola pemahaman siswa dalam materi energi gerak dapat diterapkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share signifikan.