Daftar Isi:
  • Penelitian didasarkan oleh kesulitan anak dalam pelajaran bahasa Indonesia khusus pada pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 8 Serang. Dari permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu penerapan metode Image Streaming pada pembelajaran menulis karangan narasi. Alasan peneliti menggunakan metode ini karena metode Image Streaming yaitu kegiatan membiarkan bayangan-bayangan hadir dan muncul di hadapan ‘mata pikiran’ tetapi tidak memutuskan secara sadar isi bayangan-bayangan tersebut.Tujuan penelitian untuk mengetahui, menganalisa dan mendeskripsikan penerapan metode Image Streaming dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model/tipe penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam III siklus, setiap siklus ada tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil temuan, ditemukan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata yang didapat 68,82 dibandingkan pra siklus yang hanya mencapai 64, 88. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 70,29 dan siklus III nilai rata-ratanya 78,68. Dari hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dengan tindakan metode pembelajaran Image Streaming. Penelitian ini dapat direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya, kepala sekolah dan guru agar dapat menjadikan metode ini sebagai referensi untuk penelitian dan pembelajaran yang lain.