UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI KERJASAMA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN HOKI: PTK pada siswa ekstrakurikuler hoki di SMAN 4 Kab. Tangerang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai perkembangan teknologi yang semakin maju yang memiliki dampak positif maupun negatif. Dalam kaitannya dengan kerjasama inilah aktivitas permainan hoki diasumsikan akan memiliki peranan penting. Oleh karena itu, penelitian ini didasarkan pada tujuan untuk mengembangkan nilai kerjasama siswa SMAN 4 Kab. Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Kab. Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Kab. Tangerang dengan sampel berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 orang putera dan 17 orang puteri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembaran observasi dan angket sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap upaya mengembangkan nilai kerjasama, hal ini ditunjukan oleh perkembangan yang meningkat dari proses pembelajaran siklus I dan siklus II. ---------- The writer’s observation on the technology development that can result in both of negative and positive effects has been an inspiration to conduct this study. In terms of the development’s relation to cooperation in hockey, the study assumes that hockey will play an important role. Therefore, the aim of is this study is to develop students’ cooperative value. The participants of this study were SMAN 4 students in Tanggerang Region; there were 30 students who became the samples of this study, they consisted of 13 males and 17 females. The instruments of this study comprised of some observation sheets and questionnaires as secondary instrument. The result shows that the implementation of the cooperative learning model has influenced an attempt to develop cooperative value; it was indicated by the increasing development of the process of the cycles learning I and II.