PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH DASAR TERHADAP PENGEMBANGAN GERAK DASAR DAN SELF ESTEEM
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh permainan tradisional dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan gerak dasar dan self esteem. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Garuda Bandung terdiri dari lima kelas A, B, C, D dan E. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dengan random selection yaitu menyeleksi dari lima kelas A, B, C, D dan E dan didapatkan dua kelas yaitu Kelas C dan D, kemudian dilakukan random assignment sehingga didapatkan kelas kelompok eksperimen adalah kelas D dan untuk kelompok kontrol adalah kelas C dengan masing-masing kelas tersebut terdapat 30 sampel penelitian. Instrument penelitian ini menggunakan motor ability (Nurhasan & Cholil, 2007) dan angket self esteem hasil pengembangan angket dari Gita Febria Friskawati (2014) dalam Nugent & Thomas (1993). Pengolahan data menggunakan Uji Nonparametrik karena datanya tidak normal dengan signifikansi P-value < 0,05. Hasil menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan gerak dasar; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan self esteem; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan gerak dasar; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan self esteem; 5) Terdapat perbedaan pengaruh permainan tradisional dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar terhadap pengembangan gerak dasar dan self esteem. Saran bagi guru penjas agar menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran penjas untuk meningkatkan gerak dasar dan self esteem peserta didiknya.---------- Purpose of this study was to determine the influence of traditional games and conventional learning in teaching physical education at the elementary school to the development of basic movement and self esteem. The research method used experimental method to Randomize pretest-posttest control group design. The study population was the fourth grade students of SDN Garuda Bandung consists of five class A, B, C, D and E. The sampling technique using cluster random sampling with random selection selects which of the five class A, B, C, D and E and obtained two classes, namely Class C and D, then do random assignment to obtain class is a class D experimental group and the control group is a class C with each of these classes there are 30 sample. This research instrument using a motor abilities (Nurhasan & Cholil, 2007) and self-esteem questionnaire results of the questionnaire development Febria Friskawati Gita (2014) in Nugent and Thomas (1993). Nonparametric data processing using the test because the data is not normal with significant P-value <0.05. Results showed that, 1) There is a significant influence of traditional games in teaching physical education at the elementary school to the development of basic movement; 2) There is a significant influence of traditional games in teaching physical education at the elementary school to the development of self esteem; 3) There is a significant effect of conventional learning in teaching physical education at the elementary school to the development of basic movement; 4) There is a significant effect of conventional learning in teaching physical education at the elementary school to the development of self esteem; 5) There are differences in the influence of the traditional game with conventional learning in teaching physical education at the elementary school to the development of basic movement and self esteem. Suggestions for physical education teachers in order to implement the traditional games in teaching physical education to enhance the self-esteem movement of the base and learners.