PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KELISTRIKAN Penelitian Tindakan Kelas pada Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 8 Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan tatap muka mengajar yang dilakukan pada kelas XI TKR 2 SMKN 8 Bandung sebanyak 28 siswa. Metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) adalah suatu rencana berupa pola yang didesain dengan pendekatan pemecahan masalah melalui tahap demi tahap yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut dalam kategori sedang dan kategori tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa dengan n-gain ternormalisasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut dalam kategori sedang dan kategori tinggi. Kesimpulannya bahwa dengan penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian. ---------- This research is motivated by the low students learning activity and learning outcome in Electrical Learning Lesson, “Basic Competence for Improving Ignition System”. The aim of this research is to know the increase in the students learning activity and learning outcome through the application of problem solving learning method. The research method used the classroom action research method, which consists of two (2) cycles. Each cycle consists of two (2) face to face teaching meetings done in class of XI TKR 2 SMKN 8 Bandung as many as 28 students. Problem Solving Learning method is a plan which has a pattern designed with Problem Solving Approach through step by step by the students during the learning process. Collecting data to measure the students learning activities used observation and collection of data to measure the students learning outcome by the test. The research product showed that there is an increase in students learning activity in the first cycle and the second cycle continually in the medium category and the high category and students learning outcome improving with n-gain normalized in the first cycle and the second cycle continually in the medium category and the high category. The conclusion of this research is the application of problem solving learning method can increase the students learning activity and learning outcome in Electrical Learning Lesson, “Basic Competence for Improving Ignition System”.