KONSELING SPIRITUAL TEISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs negeri cikancung cicalengka kab. bandung tahun ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh lemahnya kedisiplinan siswa MTs Negeri Cikancung Cicalengka Kab Bandung, kelemahan ditunjukkan dengan ketidakmampuan siswa MTs Negeri Cikancung Cicalengka Kab. Bandung dalam menunjukkan perilaku yang sesuai aturan dan norma di sekolah. Penelitian bertujuan menguji efektivitas konseling spiritual teistik untuk meningkatkan kedisiplinan yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII MTs Negeri Cikancung Cicalengka Kab. Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan disain pre test post test control group disain, analisis data uji statistik menggunakan teknik kolmogorov smirnov test untuk mengetahui signifikansi konseling spiritual teistik terhadap kedisiplinan siswa. Hasil penelitian dengan penghitungan statistik kolmogorov smirnov test menunjukkan konseling spiritual teistik efektif meningkatkan kedisiplinan siswa dengan total 2,646 harga p 0,000. Meskipun hasil total menunjukkan nilai efektif dengan harga p dibawah 0,001, akan tetapi terdapat hasil yang tidak signifikan yakni (1), sub aspek kepatuhan, dengan hasil 1,512 harga p 0,21, (2),bersedia menerima sanksi apabila melanggar norma, dengan hasil 3,78 harga p 999, (3), bersedia menerima sanksi apabila melanggar aturan, dengan hasil 1,134 harga p 153, (4), kemampuan menjalankan aturan dengan penuh tanggung jawab, dengan hasil 1,323 harga p 0,60. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi ditujukan kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah untuk dapat mengimplementasikan konseling spiritual teistik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, dengan menggunakan panduan pelaksanaan konseling spiritual teistik dan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian mengenai kedisiplinan siswa dengan konselling spiritual tesitik menggunakan metode action research.---------- The research is based on discipline weakness of MTs N Cikancung student, Cicalengka, Bandung. The weakness has been showed by them with their disabilities to show suit attitude with school norm and rules. The research aimed to test and to know efectivity of teistic spiritual counseling to increase discipline on second grade student of MTsN Cikancung Cicalengka Bandung period 2014/2015. This research used kuantitaif approach with experiment quasi method and pre test post test control group design. On the other hand, this research used data analysis and statistic with kolmogorov smirnov test technique to know the signifancies of teistic spiritual counseling of student’s discipline.