IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI TEKANAN MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST
Daftar Isi:
- Miskonsepsi merupakan konsepsi tak ilmiah yang stabil berada dalam pemikiran siswa sehingga menghalangi proses pembelajaran yang sesunggunya. Tujuan dari penelitian ini yaitu didapatnya gambaran tentang miskonsepsi yang dimiliki siswa kelas VIII dari tiga sekolah menengah pertama di kota Bandung pada materi tekanan. Didapatnya gambaran mengenai miskonsepsi siswa merupakan informasi penting bagi guru sehingga dapat memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain one-shot case study. Alat tes yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa diantaranya adalah CRI, two-tier test dan three-tier test. Dalam penelitian ini alat tes yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yakni three-tier test. Sampel pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII yang berasal dari tiga SMP Negeri di kota Bandung yang masing-masingnya mewakili sekolah cluster atas, menengah dan bawah berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan three-tier test, 37,41% siswa memiliki miskonsepsi pada hukum Archimedes dan 30,19% siswa memiliki miskonsepsi pada tekanan hidrostatis. Ditemukan 17 miskonsepsi yang dimiliki siswa pada materi tekanan zat padat dan cair, diantaranya yang umum terjadi adalah siswa menganggap bahwa benda dengan massa yang besar akan tenggelam dalam zat cair. Selain itu, siswa meyakini bahwa tekanan hidrostatis terbesar berada dibagian tengah karena terdapat akumulasi tekanan yang berasal dari permukaan dan dasar zat cair. ---------- Misconception are stable, unscientific conceptions in students’ mind that obstacle the real learnings of concept. This research’s purpose is to get the profile of 8th grade Junior High School students’ misconception on pressure subject. Profile of students’ misconception are significant information for teachers to improve learning process. This research’s methode are descriptive quantitative with one-shot case study design. Test’s instrument that can identify students’ misconception are CRI, two-tier test and three-tier test. On this research used three-tier test as a test’s instrument to identify students’ misconception. Research sample consist of 8th grade sudents from three National Junior High School in Bandung represent upper, middle and lower cluster based on purposive sampling. Based on three-tier test result, 37,14% students had misconception on Archimedes’s law and 30,19% had misconception on hidrostatic pressure. There are 17 misconception that students had on pressure subject. One out of several misconception are students mostly considered that heavier object will sink. In addition, students also convinced that the biggest hidrostatic pressure in the middle of liquid because there are accumulation of pressure came from surface and base of liquid.