Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Ambit yang rendah dalam hal gerak dasar shooting sepak bola. Keadaan tersebut disebabkan oleh belum optimalnya kinerja guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan media karet sebagai alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran, kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah.Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar observasi kinerja guru,lembar aktivitas siswa, lembar tes dan wawancara .Perencanaan pembelajaran pada akhir siklus mendapat hasil persentase 95,82% dengan kategori sangat baik, pelaksanaan kinerja guru pada akhir siklus mendapat hasil persentase 94,2% kategori sangat baik,peningkatan aktivitas siswa mendapat hasil persentase 93,75% kategori sangat baik.Pada hasil belajar siswa siklus I menghasilkan 68%,pada siklus II meningkat menjadi 75.1%,dan pada siklus III meningkat menjadi 95.75% dan telah mencapai batas yang di inginkan. Dari pelaksanaan penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa melalui media karet dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar shooting pada permainan sepak bola siswa kelas V SDN 2 Ambit.