Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya kemampuan pemecahan masalah, representasi multipel matematis dan self esteem untuk dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika, akan tetapi fakta di lapangan menyatakan kemampuan pemecahan masalah, representasi multipel matematis dan self esteem siswa dalam matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis yang memperoleh model pembelajaran Kuantum dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis. Selain itu juga menelaah bagaimana self esteem siswa dalam matematika setelah mendapat pembelajaran model kuantum Jenis penelitian merupakan kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen pretes dan postes. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Cianjur dengan memilih dua kelas diantaranya yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis, serta skala sikap self esteem. Analisis data peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis menggunakan uji non parametrik mann whitney karena data tidak berdistribusi normal. Analisis data self esteem menggunakan analisis terbanyak atau modus. Karena data tes kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis tidak berdistribusi normal maka untuk mentukan hubungan keduanya digunakan uji Correlation Spearman. peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis siswa yang mendapat model pembelajaran kuantum lebih baik daripada yang mendapat pembelajaran konvensional. Terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis. Selain itu, hamper seluruh siswa menilai dirinya secara positif ketika belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran model kuantum. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematis, Representasi Multipel Matematis, Self Esteem, dan Model Pembelajaran Kuantum