PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Gaya di Kelas IV SDN Gudangkopi II Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang)
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Gudangkopi II diperoleh suatu permasalahan, yaitu pada proses pembelajaran guru melakukan proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajarannya sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan kondisi tersebut diterapkan model pembelajaran CTL demi mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan dalam CTL pembelajaran berpusat pada siswa dan membuat pembelajaran menjadi bermakna. Fokus tujuan penelitian ini adalah penerapan CTL pada perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar siswa, dan aktivitas siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain penelitian mengacu kepada model spiral Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah tes, pedoman observasi, wawancara dan catatan lapangan, serta untuk menyesuaikan data yang diperoleh menggunakan validasi data berupa member check, triangulasi, dan expert opinion. Proses penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus. Hal ini terjadi karena target penelitian tercapai pada siklus ke tiga, dengan terget yang telah ditentukan adalah 85% untuk aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, sedangkan untuk kinerja guru 100%. Data yang didapat dalam proses penelitian, yaitu kinerja guru memperoleh 73% pada siklus I, 89,2% pada siklus II dan 100% pada siklus III. Adapun aktivitas siswa pada siklus I 28% , siklus II 72% dan siklus III 100% . Hasil belajar siswa pada siklus I 33%, siklus II 67% dan siklus III 89%. Berdasarkan data yang diperoleh pada proses penelitian maka dapat dibuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penerapan model Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa, Gaya